12 Kewajiban Anak Di Rumah Yang Harus Diajarkan Orang Tua

Tidak juga berlebihan dalam berbicara dan mengeraskan suara dengan kasar seperti teriakan keledai karena itu merupakan seburuk-buruk suara dan perbuatan yang dapat membuat Allah murka. Setelah Gus Dur dilengserkan, terjadi degradasi yang signifikan dalam persoalan Papua. Ahmad Suaedy mengharapkan, anak muda agar belajar tentang Papua. Berarti, Gus Dur sudah melangkah jauh, dari ranah toleransi menuju pro eksistensi.

Sebagai orang tua yang baik, hindari untuk memaksakan preferensi pribadi orang tua pada preferensi anak. Sebab, ini dapat membuat anak merasa bahwa privasi dan pilihan mereka terganggu yang kemudian menimbulkan konflik antara orang tua dan anak. Cobalah untuk membangun hubungan yang sehat dengan mengajak anak untuk berdiskusi dalam percakapan panjang untuk mencari jawaban yang selama ini mengganggu orang tua. Ingat, sebagian remaja sangat suka berbicara tentang diri mereka dan mereka tentunya akan senang jika ada yang mendengarkan.

Anak wajib melakukannya secara mandiri terhadap hal-hal bersifat pribadi dan tidak tergantung terhadap orang lain. Mengerjakan tugas sekolah yang diberikan seorang guru merupakan kewajiban yang harus dikerjakan dengan tepat waktu. Seorang anak juga wajib untuk saling menyayangi sesama anggota keluarga. Dengan menjaga kebersihan rumah, maka kondisi rumah pun tetap bersih dan sehat.

Video yang diunggah pada tahun 2016 di akun youtube AR Productions ini pun menjadi viral. H. Nashrudin Azis, SH., Rudiantara berpesan agar persatuan dan kesatuan yang sudah diikrarkan sejak zaman nenek moyang bangsa Indonesia. Adanya yel-yel holopis kuntul baris yaitu aba-aba nenek moyang kita di tanah Jawa untuk memberikan semangat ketika mengerjakan tugas berat yang dilakukan secara bergotong royong.

Belajar untuk mengahrgai sesama orang

Inilah yang menjadi pokok nasehat Luqman selanjutnya kepada anaknya tentang akhlak dan sopan santun terhadap sesama. Ibnu Katsir pun melarang untuk tidak memalingkan wajah dan bersikap sombong ketika berkomunikasi dengan orang lain, akan tetapi merendahlah dan maniskanlah wajah ketika bertemu mereka. Ayat ini mengandung perintah agar setiap anak senantiasa sadar akan pengawasan dan hukum Allah. Ibnu Katsir mengatakan dalam tafsirnya bahwa kebaikan dan keburukan yang diperbuat sekecil apapun itu akan selalu diketahui-Nya dan diberi balasan yang setimpal oleh-Nya. Allah Maha Mengetahui, sekalipun langkah-langkah semut dikegelapan malam yang sangat pekat. Ini juga menjadi tantangan bagi orang tua untuk selalu mengingatkan anaknya akan hukum Allah.

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan kita sebagai penduduk Indonesia untuk menjaga keberagaman suku, agama, ras, dan golongan yaitu dengan mengembangkan sikap menghargai perbedaan nilai dan norma sosial di masyarakat. Disamping itu, tidak mementingkan suku, ras, dan golongan sendiri. Yang terakhir dengan mengembangkan sikap toleransi dalam kehidupan beragama. Untuk membangun bangsa dan negara menjadi besar dan maju, diperlukan rakyat yang dapat menghargai dengan sesama.