6 Manfaat Membiasakan Diri Menabung Sejak Dini

Nah, jika sesekali Anda membutuhkan hiburan, maka sudah pasti harus mengeluarkan uang. Hiburan bisa mahal juga, meskipun sekadar pergi ke bioskop dengan teman-teman atau ke tempat karaoke. Jika Anda tak menyisihkan sebagian penghasilan Anda setiap bulannya, maka jangan harap Anda bisa menikmati liburan Anda.

Pentingnya menabung sejak dini

Bunda dapat menentukan sendiri jumlah uang jajan yang sesuai, lalu memberikannya secara rutin kepada si Kecil. Berdasarkan data AIA Customer Usage and Attitude Study pada tahun 2018, sebanyak 84 persen keluarga Indonesia rela menyesuaikan gaya hidup untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Dalam kasus demikian, biarkan anak terbiasa mengatur sendiri uang makan, uang buku, serta biaya pendidikan. Jangan lupa melakukan peninjauan ulang setiap bulan dan diskusikan bersama anak mengenai hasilnya. Untuk mendapatkan sesuatu yang cukup berharga, sejumlah uang harus dikumpulkan dengan proses menabung.

Di financial institution konvensional para nasabah SIMPEL hanya boleh menarik dana maksimal dua kali per bulan dengan jumlah maksimal Rp250 ribu. Badan Pusat Statistik mencatatkan produk domestik bruto per kapita Indonesia terus meningkat dalam 15 tahun terakhir. PDB per kapita pada 2000 hanya Rp 6,78 juta, sedangkan pada 2015 meningkat hingga Rp 45,18 juta. Hal ini membuktikan bahwa pendapatan masyarakat Indonesia semakin meningkat. Namun, peningkatan tersebut tampaknya tidak diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik.

Sehingga anak akan semakin bersemangat untuk mengumpulkan uang dan semakin menghargai uang ketika tabungannya terus bertambah. Terlebih ketika ia mulai merasakan sulitnya mendapatkan uang tambahan untuk bisa dimasukkan ke dalam tabungannya. Selain 5 ideas menabung untuk anak yang sudah dijelaskan di atas, ada hal yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja, yaitu ajari mereka untuk tekun dan disiplin dalam menabung. Dengan begitu, mereka akan menjadi terbiasa menabung sejak kecil hingga dewasa kelak. Sejak Zila di ajarkan menabung dia jadi semangat untuk memasukan uangnya dalam celengan dan mengurangi kebiasaannya meminta jajan, karena setiap kali dia mendapat uang dia justru lebih semangat untuk menabung. Anda tidak akan bisa memaksakan anak untuk menabung saat Anda tidak memberinya contoh.

Setelah sehari-hari mendapat tekanan kerja, berekreasi bisa menjadi salah satu cara terbaik melepaskannya. Liburan bisa menjadi keharusan karena Anda dan keluarga memang layak melakukannya untuk sejenak keluar dari rutinitas yang menjenuhkan. Ajarkan anak Anda untuk selalu bertanggung jawab pada segala hal, terutama pada uang jajan yang Anda berikan. Batasi uang jajan per hari atau per minggunya, biarkan anak Anda berusaha keras agar uang tersebut cukup untuk satu hari atau satu minggu ke depan. Menabung berarti memiliki cadangan uang untuk menghadapi situasi apapun, termasuk bencana atau musibah. Nggak dapat dimungkiri, keadaan darurat bisa menimpamu kapan aja, tanpa sinyal terlebih dulu.

Dalam hal ini, yang paling penting justru bukan jumlahnya, tapi kontrol penggunaannya. Jadikan si kecil pembeli dan beri ia uang-uangan secukupnya agar anak bisa mulai berpikir, makanan mana yang harus diprioritaskan untuk dibeli sesuai dengan jumlah uang yang dimilikinya. Muljono, seorang Financial Educator mengatakan bahwa idealnya, anak dapat mulai diajarkan mengenai konsep uang sejak usia 5 tahun. Pelajar yang mendaftar SIMPEL cukup setoran awal lima ribu rupiah atau seribu rupiah untuk membuka rekening.

Apabila pelajar sudah mendapatkan edukasi mengenai literasi keuangan, mereka akan lebih mudah mengelola keuangan dengan mengakses layanan dan fasilitas keuangan, termasuk tabungan. Dari uang saku yang diberikan secara rutin, kita dapat mengarahkan anak untuk menyisihkannya sesuai dengan angka tertentu setiap harinya, misalnya Rp10 ribu per hari. Cara melatih anak menabung seperti ini akan mengajarkan mereka kedisiplinan, komitmen, konsistensi, dan tanggung jawab. Secara tidak langsung, menabung meningkatkan kemampuanmu mengatur keuangan dengan bijak. Tidak hanya itu, menabung juga mengajarkan kita untuk tidak membeli sesuatu hal yang kurang berguna dan menyimpan uang agar bisa digunakan untuk kebutuhan hari tua nanti. Manfaat menabung untuk anak sejak dini juga bisa melatih mereka untuk mengajarkan bagaimana caranya menyisihkan uang untuk dana darurat.

Cara tersebut menciptakan hubungan waktu yang dihabiskan di tempat kerja dengan uang yang diterima. “Tidak hanya menabung untuk liburan atau mobil, tetapi untuk tabungan jangka panjang. Dalam 20 tahun, mereka akan benar-benar melihat manfaatnya,” tutup Attard. Edukasi mereka dengan mengatur uang menjadi 50 persen untuk disimpan, 40 persen dibelanjakan, dan 10 persen untuk donasi ke badan amal yang mereka suka.

Corporate Solution juga akan membantu memfasilitasi kebutuhan perusahaan Anda terkait dengan persiapan finansial untuk masa pensiun karyawan Anda melalui produk PPUKP atau PPIP ataupun iPension. DPLK PPUKP merupakan program yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Pemberi Kerja atas program pensiun yang dikhususkan untuk pembayaran kompensasi pesangon, sesuai Undang Undang Tenaga Kerja No. 13 Tahun 2003. Semakin besar porsi menabung yang kamu sisihkan setiap bulannya tentunya target dana darurat kamu akan semakin cepat terpenuhi juga. Untuk goal alokasinya, kamu bisa menyesuaikan dengan kenyamanan kamu ya. Jadi kalau kamu masih single kamu bisa menyiapkan dana darurat 6 x pengeluaran bulanan.