Manfaat Menabung Sejak Dini Agar Sukses Meraih Mimpi

Misalnya, jika dia ingin membeli mainan kesukaan atau makanan favoritnya, dukung stimulasinya agar mau menyisihkan uang saku atau hadiah ulang tahun yang diterimanya untuk mewujudkannya. Hal ini juga dapat melatihnya mengambil tanggung jawab untuk masa depannya sendiri. Buku tabungan anak yang dibuatkan di financial institution bisa menjadi pilihan hadiah untuk anak lho. Ayah/Bunda bisa memberikan hadiah spesial untuk anak jika mereka sudah semangat untuk menabung atau membantu pekerjaan rumah.

Bagi Anda yang memberikan uang saku harian, tetapkan nominal harian yang harus disisihkan dari uang saku mereka. Begitu juga jika uang saku diberikan setiap minggu, maka latihlah agar anak mampu menyisihkan tabungan sebelum dihabiskan selama sepekan. Ketika anak menginginkan kue di toko, katakanlah padanya bahwa untuk memperoleh kue tersebut, anak harus memiliki uang dengan harga kue yang ada. Andapun juga bisa mengajarkan konsep uang sembari mengajari anak berhitung. Kenali pecahan-pecahan uang yang dapat digunakan sebagai alat bayar/tukar. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 14.00 hingga pukul 16.00 wib yang dihadiri oleh 20 orang peserta.

Jika anak mendapat uang saku, meminta mereka mencatat pembelian mereka setiap hari dan menjumlahkannya di akhir minggu bisa menjadi pengalaman yang membuka mata mereka. Bagi seorang anak jika disuruh menabung tanpa menjelaskan alasannya, mungkin akan sulit untuk merealisasikannya. Membantu anak-anak menentukan tujuan menabung bisa menjadi cara yang lebih baik untuk membuat mereka termotivasi. Berikan gambaran, mereka dapat menggunakan anggaran sendiri untuk memnuhi kebutuhan dan keinginan, dan ajarkan bagaimana mereka harus mengatur pengeluaran.

Pentingnya menabung sejak dini

Dengan menabung kamu tidak lagi perlu takut mengalami hal-hal seperti diatas. Karena, dengan memiliki tabungan kamu sudah memiliki dana yang bisa digunakan saat ada keadaan darurat tanpa harus mencari dana apalagi berhutang. Cara terbaik mengajarkan sesuatu kepada anak adalah dengan memberikan contoh langsung kepada mereka. Sebelum membuatkan rekening tabungan untuk Si Kecil, sering-seringlah ajak ia ke financial institution saat kita menyetorkan uang untuk menabung.

Sampaikan pula jika listrik dan internet menghabiskan sebagaian besar dana kebutuhan rumah tangga. Siapa tahu dengan begitu mereka mulai berpikir dua kali untuk membiarkan lampu dan peralatan listrik menyala tanpa digunakan. Jika sudah mulai menabung sejak usia dini, mereka pun dapat menikmati hasil yang besar di kemudian hari.

Anak tentu identik dengan segala hal yang dapat menarik perhatiannya secara psikis. Sehingga dengan menghadiahkan buah hati celengan dengan bentuk yang lucu dan aman baginya, dengan pemahaman yang sebelumnya telah Anda sampaikan. Ia pun nantinya dapat mengetahui fungsi dari celengan dan membuatnya semakin termotivasi untuk mengumpulkan uang yang diperolehnya. Dengan begitu, Anda pun sukses memberikan pemahaman tentang bagaimana cara mendidik anak untuk menabung pada buah hati Anda. Jangan berpikir, saat usia masih 20 tahunan, Anda belum seharusnya menabung.

Sebagai contoh, BJB memberikan syarat mudah bagi pelajar yang ingin membuka rekening tabungan dengan setoran awal sebesar Rp5.000. Menariknya, rekening tersebut dibuat atas nama sang pelajar meski yang bersangkutan belum memiliki KTP . Sebaliknya, tabungan tersebut malah memberikan reward menarik bagi pelajar yang rajin menabung. Selain belajar untuk hidup hemat, menabung akan mencegah anda untuk berhutang. Seperti contoh, kita mungkin mengalami sakit atau kecelakaan atau sedang dalam masa – masa sulit sehingga mau tidak mau kita harus meminjam uang.