Mencari Jati Diri Nasionalisme

Sungguh, nurani terasa tersentak ketika pahlawan kesehatan yang gugur itu terpaksa harus dipindah berkali-kali hanya untuk mencari tempat peristirahatan terakhir. Fakta yang sungguh menyesakkan dada dan membesit harkat kemanusiaan. Seorang kerabat perempuan kami, di usia 53 tahun pun masih sibuk mencari jati dirinya.

Bela negara dalam spektrum yang halus atau lunak mencakup aspek psikologis dan aspek fisik . Aspek psikologis mencerminkan kondisi jiwa, karakter dan jati diri setiap warganegara yang dilandasi oleh pemahaman nilai – nilai luhur bangsa, Ideologi Pancasila dan UUD NRI tahun 1945. Muara kondisi psikologis ini akan direpresentasikan oleh pola pikir dan pola sikap yang mencerminkan soliditas wawasan kebangsaan, persatuan dan kesatuan bangsa serta kesadaran bela negara. Bela negara dalam spektrum yang keras merupakan bentuk hak dan kewajiban perwujudan bela negara secara fisik dalam menghadapi ancaman yang didominasi oleh ancaman militer negara lain. Disadari bahwa saat ini, perang yang melibatkan kekuatan militer secara langsung sudah tidak menjadi model penyelesaian konflik antar dua negara.

Adalah hal yang lumrah remaja mencari selebritas yang menjadi panutan mereka. Bagi kebanyakan remaja, mengenakan pakaian yang tepat membantu mereka menunjukkan afiliasi dengan kelompok tertentu. Memiliki barang atau benda yang tepat sangat penting untuk harga diri mereka. Mereka akan mengenakan pakaian dan memperoleh benda yang akan menjadikan mereka sebagai bagian dari suatu kelompok. Tidak selamanya orang-orang yang kamu kenal selalu berniat baik padamu. Ada kalanya orang yang memang berniat untuk menjerumuskan orang lain.

Untuk itu, negara telah menyusun doktrin dan sistem pertahanan semesta yang mengakomodosi hak maupun kewajiban bela negara warganegaranya secara terencana, terukur, terorganisir dan sistematis. Pada hakikatnya, globalisasi merupakan proses hubungan antarbangsa yang sudah terjadi sejak berabad lalu. Proses ini berkembang dari waktu ke waktu sejalan dengan perkembangan ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya. Perkembangan serta kemajuan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi, telah mendorong hubungan sosial dan saling ketergantungan antarbangsa, antarnegara dan antar manusia semakin besar.

Dua karakteristik yang pertama sering disebut sebagai komponen inti kecerdasan non secular, ujar Emmons. Kalau kamu ingin berkembang, maka janganlah berada di zona nyaman kamu. Punya sahabat dekat boleh, tapi usahakan kamu mengenal banyak orang. Dari hal-hal kecil seperti ini, kamu akan belajar untuk berani melakukan hal yang berbeda. Kamu akan terus memilih jalur yang sulit untuk menantang diri sendiri. Menentukan tujuan hidup bisa kita awali dengan memahami apa dan siapa diri kita serta apa yang ingin kita lakukan dalam hidup.

Over-responsible untuk orang lain membuat kita kehilangan jati diri kita. Jika kita memilih untuk tidak berpikir tentang diri kita, pada akhirnya kita akan bertanggung jawab atas pilihan orang lain atas hidup kita. Atau bahkan kita merasa seakan-akan hidup kita diatur orang lain? Pastikan kegemaran tersebut bisa langsung kamu kerjakan tanpa ada kata alasan, sehingga hal tersebut satu-satunya jalan untuk mewujudkan kamu menjadi pribadi sebenarnya.

Mencari Jati diri seseorang

Oleh karena itu, kalangan muda harus menempatkan diri secara cerdas dan mengambil peran aktifnya dalam berbagai proses pembangunan nasional, utamanya dalam pembangunan watak dan karakter bangsa. Melalui pemahaman komprehensif inilah, bela negara dalam spektrum yang keras dapat terselenggara dengan proporsional sehingga mampu memperbesar dan memperkuat Komponen Utama. Yang perlu dipahami, spektrum bela negara mulai dari spektrum lunak hingga spektrum keras merupakan Deposit Pulsa Tanpa Potongan spektrum bela negara yang tidak terputus dan berkelanjutan. Bela negara spektrum lunak merupakan pondasi dasar terbentuknya kualitas bela negara spektrum keras. Artinya, kualitas bela negara spektrum lunak akan berbanding lurus dengan kualitas bela negara spektrum keras. Di tengah tantangan perubahan yang membawa tata laku dan tata nilai baru, kalangan muda terpelajar harus mampu membekali dan membentengi diri dengan wawasan kebangsaan yang kuat.

Karena mereka tidak hanya ditunggu intelektual, spiritualnya, tapi bagaimana mengenal bangsa dan sejarah perjuangan berdirinya negerinya. Dengan mengisi formulir ini kamu setuju untuk mendapatkan surel nawala atau informasi lain dari Good News From Indonesia. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan kebijakan privasi dan persyaratan layanan. Ketika ditanya soal kiat membuat tulisan yang bagus, Uda Fuadi menjawab dengan pentingnya ‘First Impression’, atau kesan pertama.

Jangan-jangan agama yang kita pegang hanyalah sekedar warisan orang tua kita. Kita pergi beribadah, membaca kitab suci dan berdoa tiap hari tetapi jiwa kita tidak menyembah. Apa yang kita yakini tentang Allah tidak pernah kita rasakan lewat pengalaman hidup kita.

Bisnis.com, JAKARTA- Seseorang akan memiliki fondasi kepribadian yang lebih kuat jika mampu menjadi dirinya sendiri, sebagai bekal untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Banyak orang yang beranggapan percaya diri, kerap menjadi penentu kesuksesan seseorang dalam karir atau bisnis yang digelutinya. Namun, banyak orang pula, yang tidak tahu, bagaimana membangun kepercayaan diri? Banyak ahli yang memiliki pandangan, tetapi tidak banyak juga yang pernyataannya diakui banyak orang menjadi formulasi yang takjub. Dalam satu kesempatan, saya akhirnya boleh merasakan kepanitiaan yang majemuk.